Sabtu, 09 Februari 2019

PRAKTIK PEMBUATAN MEDIA AJAR PENDIDIKAN KESENIAN KOLASE DARI KORAN BEKAS OLEH MAHASISWA STKIP TAMAN SISWA BIMA

PRAKTIK PEMBUATAN MEDIA  AJAR  PENDIIKAN SENI RUPA 2 ATAU 3 DIMENSI KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR OLEH MAHASISWA PGSD STKIP TAMAN SISWA BIMA SEMSTER V KELAS C

Minggu, 06 januari 2019 mahasiswa PGSD semester V kelas C STKIP Taman Siswa Bima melakukan simulasi mata kuliah Pendidikan Seni Budaya kepada siswa Sekolah Dasar.  Kegiatan simulasi ini merupakan pengambilan nilai Ujiah Akhir Semester V oleh mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima untuk matakuliah pendidikan kesenian yang dilakukan per kelompok dengan judul materi taip-tiap kelompok  berbeda-beda.  Syarat untuk melaksaanakan simulasi matakuliah pendidikan seni budaya adalah dengan membuat proposal media pembelajaran seni rupa, membuat RPP, dan membawa siswa masing-masing 3-6 orang tiap masing-masing kelompok.  Dalam pembagian kelompok ini, saya mendaptkan kelompok 2 yang terdiri dari 5 anggota yaitu jumriyati, roswati, asmiyati, nada suryani dan anggun c. casmi. 

Minggu adalah hari libur bagi siswa sekolah dasar. Pada hari itulah kami berkesempatan untuk membawa anak-anak SD sebagai siswa yang akan kami ajarkan berkreasi membuat media pelajaran seni budaya dan keterampilan (SBK) di aula STKIP Taman Siswa Bima.

Jika pada blog sebelumnya saya menulis tentang berbagai macam  makalah maka, untuk mata kuliah pendidikan kesenian  ini saya akan menceritakan proses pembuatan karya seni rupa 2 dimensi. kami mengajak anak-anak Sekolah Dasar  untuk membuat media karya  seni rupa  2 dimensi atu 3 dimensi yang tak kalah asyik!  Horeee!!!!!!!!! Yaitu pada kelompok saya adalah membuat kolase dari Koran bekas! Aseeekkkk!!!

Apa itu kolas?
Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar (sumber: wiki). kolase merupakan kegiatan yang sangat menyenangngkan bagi ank-anak sekolah dasar.

Kelompok saya membuat media pendidikan seni rupa yaitu kolase dari Koran bekas. Pada pembuatan media kolase ini kami memilihi siswa kelas 3 yang terdiri dari 5 orang  siswa, dan kemudian di bagikan menjadi 2 kelompok yaitu: kelompok 1 (tara dan fina dan kelompok 2 ( humairah, anis, dan dinda). 

Karya seni rupa kolase untuk kelas 3 siswa sekolah dasar ini bertujuan untuk:
           a. Dengan menggunakan bahan bekas, siswa mampu berkreasi membuat karya seni kolase berdasarkan langkah-langkah yang diberikan dengan benar.
            b. Melatih siswa untuk berkreasi, bermain dengan warna sesuai imajinasi  mereka .
            c. Melatih siswa untuk berkreativitas.
            d. Karya seni menempelkan. 

Manfaat diadakannya pembuatan media kolase ini adalah:
            a.Untuk merangsang minat belajar           siswa
            b. Menumbuh kembangkan rasa berkreasi siswa 
            c. Memberikan pengalaman baru pada sisiwa 
            d. Mengurangi pencemaran lingkungan dengan menggunakan bahan bekas sebagai bahan dasar dalam pembuatan kolase

Bahan dan alat-alat yang diperlukan adalah :
Bahan yang dibutuhkan:
Siapkan Koran/majalah/kertas bekas 
Alat yang dibutuhkan:
            -Kertas gambar/double folio
            -Pewarna atau krayon
            -Gunting
            -Pensil 
            -Lem

Oya untuk memudahkan anak-anak dalam mempersingkat waktu, saya dan anggota kelompok 2 sudah menyediakan untuk mereka Koran-koran yang sudah kami warnakan. Hal ini dapat mengajak anak-anak untk bermain warna sesuai imajinasi mereka.

Cara membuat kolas:
1. Dengan bimbingan mahasiswa, siswa yang dibagikan dalam 2 kelompok tersebut  membagikan double folio atau kertas gambar dibagi menjadi 4 bagian dan kemudian menggambarkan pola di double folio. Gambar sebaiknya cukup besar dan mengenai suatu objek benda. Nah untuk kali ini gambar yang mereka buat berdasarkan RPP temanya adalah tentang Kegemaranku. yaitu menggambar bunga, kupu-kupu, mobil, angsa, rumah.
       

              

2. Dengan bimbingan mahasiswa, siswa memotong kertas Koran menjadi potongan kecil-kecil. 

3. Dengan bimbingan mahasiswa, siswa memberi lem pada pada kertas diatas gambar. Mulailah dari gambar berukuran besar dan mudah.
 

4. Siswa mengambil potongan Koran kecil-kecil yang ujungnya sudah diolesi oleh lem. 
   


5. Tempelkan potongan Koran keil-kecil tadi pada bagian gambar yang sudah dibuatkan pola dengan warna yang diinginkan oleh siswa sendiri. Jika pola gambar satu selesai maka dilanjutkan untuk menmeplakan Koran bekas ke pola gambar selanjutnya.
      


Berikut ini foto dokumentasi  kegiatan mereka bersama yang tampak asik membuat gambar kolase dari Koran bekas. 
          



Di bawah ini adalah gambar hasil kegiatan kelompok 2 sebelah kiri dan kelompok 1 seblah kanan.  Selama 30 menit anak-anak sibuk berkrasi dengan penuh semangat. Mereka berkreasi, bermain dengan warna sesuai imajinasi dan kreativitas mereka. Dan menurut kami hasilnya sangat bagus sekali!
          


Nah seperti itulah  hasil karya mereka, menurut kalian bagaima hasilnya?
Apapun dan bagaimana pun bentuk dan hasil pekerjaan mereka kita patut memberikan apresiasi kepada mereka. Horeeeeeeeeeeeee!! Kami sendiri suka senyum-senyum melihat hasil karya mereka. Hehhehe. 

Doaku “semoga kelak kalian menjadi pribadi yang keren, hebat dan mampu memberikan manfaat yang banyak kepada orang lain dari hasil karya kalian sendiri” aamiin. 

Setelah selesai, kami mengajak anak-anak untuk berfoto bersama-sama dengan kami. Foto dari sebelah kiri  suci,tara, roswati,fina, humairah, nada suryani, indah dan saya. Oya di gambar kami mahasiswanya hanya 3 orang, yang lain juru kamera. Hehhe. Tapi ngomong-ngomong mahasiswa dan ank muridnya tingginya sama hehehehe.

Untuk dokumntasi terakhir kami berfoto bersama dosen dan mahasiswa kelompok lain dengan anak murid mereka masing-masing bersama karya yang telah mereka buatkan. Ada yang buat miniature rumah, bros, bingkai foto dan masih banyak lainnya. Nah karya mereka juga bagus-bagus dan keren-keren semua kan?? Hehhehe.

Terimaksih yang sebesar-besarnya kepada dosen matakuliah pendidikan kesenian Syarifudin M.Pd yang telah membimbing dan memberikan banyak ilmunya kepada kami semua mahasiswa kelas c selama satu semester terakhir ini. Berkat bapak kami semua punya pengalaman yang begitu banyak dan bekal kedepannya untuk mengajarkan media pendidikan kesenian pada anak seklah dasar.  Juga saya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman kelompok 2 yang telah bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan ujian praktik ini. 

Demaikian kegiatan praktik kami membuat media ajar pendidikan kesenian “membuat kolase dari Koran bekas”. Semoga dapat memberikan manfaat dan menginspirasi!

8 komentar: